Tips Mengatasi RAM Kecil Agar Tetap Ringan Saat Pemakaian

Tips Mengatasi RAM Kecil Agar Tetap Ringan Saat Pemakaian

Android merupakan operating system handphone yang sangat populer untuk digunakan semua kalangan baik kalangan ekonomi atas maupun kalangan ekonomi bawah. Device dengan operating android tersedia di pasaran dengan harga yang sangat mahal hingga harga dibawah 500 ribu.

Tips Mengatasi RAM Kecil Agar Tetap Ringan Saat Pemakaian
Tips Mengatasi RAM Kecil Agar Tetap Ringan Saat Pemakaian

Android dengan harga murah tentunya memiliki keterbatasan dari segi spesifikasi hardware. Salah satu keterbatasan tersebut adalah kapasitas RAM yang kecil. Kapasitas RAM yang kecil yang tidak diatur dengan baik akan menyebabkan handphone android yang dimiliki terasa lemot.

Nah untuk membuat smartphone anda terasa lebih ringan walaupun memiliki RAM kecil disini saya akan memberikan tipsnya untuk anda. Berikut tips untuk mengatasi RAM kecil pada Smartphone.

Tips Mengatasi RAM Kecil Agar Tetap Ringan Saat Pemakaian :

1. Bersihkan Cache Secara Rutin

Bersihkanlah file cache Android secara rutin minimal 3 hari sekali atau bisa juga seminggu sekali agar performa Android kamu tetap Optimal dan tidak mudah lemot. Selain itu, dapat mengurangi dampak error pada aplikasi seperti LAG, Macet, muncul pesan error, dan sebagainya. CAanya silahkan buka menu Pengaturan > Aplikasi > Manajer Aplikasi > Cari “Nama Aplikasi” > selanjutnya tap “Hapus Cache”.

2. Pindahkan Aplikasi Ke Memory Eksternal

Cara membersihkan RAM pada Android berikutnya yang cukup ampuh adalah dengan memindahkan aplikasi ke memory eksternal atau SD Card. Cara ini terbukti ampuh terutama pada HP Android yang memory internalnya kecil. Dengan memindahkan aplikasi ke penyimpanan eksternal, maka HP Android kamu bisa berjalan lebih lancar.

3. Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting

Nah untuk membuat performance Smartphone tetap kencang meskipun RAM kecil anda bisa menghapus aplikasi yang menurut anda tidak penting.

Itulah tips untuk membuat Smarphone Anda tetap ringan meskipun RAM smartphone anda kecil.