Tips Menghindari Anak Dari Kecanduan Bermain Game

Tips Menghindari Anak Dari Kecanduan Bermain Game

Game adalah sebuah hiburan yang berbentuk multimedia dan dibuat dengan semenarik mungkin. Game memang menjadi hal yang sangat banyak digemari oleh anak-anak. Bukan cuma orang dewasa lagi yang senang bermain game, anak-anak pun juga gemar bermain game.

Tips Menghindari Anak Dari Kecanduan Bermain Game
Tips Menghindari Anak Dari Kecanduan Bermain Game

Seiring dengan berkembangnya teknologi kini banyak bermunculan jenis game baru yang semakin banyak digemari oleh anak-anak. Memang pada dasarnya bermain game adalah sebagai sarana edukasi dan hiburan untuk anak-anak. Akan tetapi apabila anda membiarkan begitu saja sampai anak lupa waktu pada saat bermain game, maka lama-kelamaan akan timbul yang namanya kecanduan.

Apabila anak sudah kecanduan bermain game tentu akan berdampak negative pada kondisi psikologi anak secara umum. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips bagaimana menghindari anak dari kecanduan game. Oleh karena itu sebagai orang tua penting untuk mengetahui tips-tips dibawah berikut ini.

Tips Menghindari Anak Dari Kecanduan Bermain Game :

  • Membatasi Waktu Bermain

Cara yang pertama yaitu dengan membatasi waktu bermain anak, dengan membatasi waktu bermain game tentu akan terhindar dari yang namanya kecanduan game. Misal waktu untuk bermain game hanya ada pada hari sabtu dan minggu. Selain waktu itu jangan biarkan anak bermain game.

  • Pengawasan Terhadap Anak

Sebagai orang tua tentu tugas utama adalah mengawasi anak agar tidak melakukan hal negatif. Apabila anda sering mengawasi anak dengan cara apapun, tentu anak akan terhindari dari hal yang negatif. Seperti pada saat anak keluar rumah untuk ijin bermain ke rumah teman jangan biarkan anak tersebut pergi sendirian, bisa jadi anak tersebut akan pergi ke rental untuk bermain game online. Oleh karena itu pengawasan terhadap anak sangat penting untuk menghindari anak dari kecanduan game.

  • Selalu libatkan anak dengan kegiatan ekstrakulikuler

Dengan adanya ekstrakulikuler di sekolah ataupun diluar sekolah tentu akan membuat peluang waktu untuk bermain game sangat sedikit untuk anak. Maka dari itu beri anak kegiatan ekstrakulikuler di sekolah maupun diluar sekolah.

  • Selalu ajak anak untuk pergi berlibur

Pada saat libur sekolah telah tiba tentu anak akan merasa bosan dirumah, rasa bosan tersebut akan terobati dengan bermain game di rumah. Oleh karena itu agar terhindar dari hal itu, ajaklah anak untuk berlibur ke tempat yang menyenangkan sehingga lupa untuk bermain game.

  • Alihkan aktifitas anak dari game

Mengalihkan aktifitas anak dari game menjadi tips yang sangat ampuh, anda bisa memberi anak hiburan dengan mengikuti les tari, silat ataupun yang lain, yang bermafaat bagi anak.

Itulah beberapa tips menghindari anak dari kecanduan bermain game. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba tips-tips diatas.