Tips Mudah Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Tips Mudah Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami 2

Munculnya kantung mata dan lingkaran hitam (mata panda) di sekitar area mata adalah sesuatu yang sangat mengganggu rasa percaya diri seseorang. Kondisi ini membuat banyak orang mencari tahu bagaimana cara menghilangkan kantung mata. Perlu diketahui, munculnya kantung mata, lingkaran hitam, kerutan halus di bawah mata, atau mata yang turun, merupakan tanda kulit sedang mengalami proses penuaan. Karena itu, tak heran bila seseorang bisa terlihat lebih tua dibanding usia sebenarnya gara-gara problem di sekitar mata tadi.

Penyebab kantong mata sendiri tidak melulu hanya karena kurang tidur. Kantong mata bisa juga disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan, kurang minum air mineral, kurang vitamin, kurang mengonsumsi sayuran, anemia, merokok, bahkan karena faktor genetik pula.

Tips Mudah Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami 1
Tips Mudah Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Adanya kantong mata tentu saja membuat penampilan fisik kita secara tidak langsung menjadi kurang menarik. Kantong mata kendur yang membentuk kerutan atau kantong mata yang besar akan membuat wajah kita seolah-olah nampak lesu, tidak bersemangat, tidak bergairah, atau bahkan terlihat seperti tidak dapat mengurus diri sendiri. Ada beberapa cara menghilangkan kantong mata secara alami dan cepat tanpa menggunakan produk-produk kimia. Penasaran apa saja caranya? Berikut ulasannya:

1. Kompres Mata dengan Irisan Mentimum

Salah satu cara mudah menghilangkan kantung mata secara alami adalah dengan menggunakan mentimun. Kandungan vitamin A, B, dan C, serta kandungan air yang tinggi dan berbagai mineral seperti kalium, magnesium atau silikon pada mentimun sangat baik untuk mendukung mata agar sehat dan terlihat lebih segar. Caranya taruh irisan mentimun pada area mata lebih kurang selama 30 menit.

Menempelkan irisan mentimun pada area mata, tentu saja merupakan cara menghilangkan kantong mata yang sudah diketahui oleh banyak orang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mentimun memiliki banyak khasiat luar biasa untuk kesehatan mata. Lakukan secara rutin.

2. Kompres dengan Es Batu

Es batu sejak dulu dikenal dapat mengatasi berbagai permasalahan kecantikan, termasuk untuk cara menghilangkan kantung mata. Pasalnya, es batu dapat mengontrol peradangan akibat aktivitas atau tekanan berlebihan pada plantar fascia (jaringan). Penggunaan es batu sangat mudah dan digadang-gadang sangat ampuh untuk menghilangkan kantung mata hitam. Cara menghilangkan kantung mata dengan es batu adalah, bungkus es batu dengan handuk atau kain bersih. Gunakan untuk mengompres area mata sekitar 10 menit dengan jeda waktu beberapa kali.

3. Kompres dengan Irisan Kentang

Kentang mempunyai kandungan asam fosfat dan asam sitrat yang tinggi sehingga bermanfaat untuk mengurangi radang dan menjaga kelenturan kulit. Berikut cara menghilangkan kantung mata dengan kentang. Caranya kupas dan cuci bersih kentang hingga tidak ada getah kentang. Blender kentang sampai halus. Masukkan kentang yang sudah halus ke dalam kantong yang bersih dan lembut. Kompreskan kain tersebut pada kedua mata selama 15 menit. Bilas wajah dengan air bersih dan keringkan. Lakukan langkah ini secara rutin untuk hasil maksimal.

4. Minum Air yang Cukup

Salah satu faktor penyebab munculnya kantong mata adalah kurang minum air mineral. Oleh karena itu cara menghilangkan kantong mata yang alami dan sederhana adalah jangan lupa untuk minum delapan gelas air mineral setiap harinya. Meski remeh, 80 persen tubuh manusia terdiri dari air. Maka di saat tubuh kekurangan air, tentu saja akan berakibat fatal. Selain itu, hindari alkohol ataupun minuman yang mengandung kafein agar kantong mata tidak kembali mengendur. Dua jenis minuman ini dapat mengurangi proses penyerapan cairan dalam tubuh, sehingga membuat tubuh mengalami dehidrasi.

5. Madu

Madu memiliki kemampuan untuk meregenerasi kulit sehingga ketika dioleskan pada kantung mata. Kulit di area tersebut akan diregenerasi sehingga bisa menjadi cerah lagi. Cara menghilangkan kantung mata dengan madu sangat mudah yakni dengan mengoleskan madu pada kantung mata dan biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal lakukan cara ini pada malam hari sebelum tidur.

6. Lidah Buaya

Kandungan vitamin E, A, dan C pada lidah buaya dapat membantu menutrisi kulit dan memperbaiki kondisi kulit. Nah, berkat kandungan tersebut, rutin mengaplikasikan lidah buaya di bagian bawah mata setiap tidur malam, dapat membantu untuk menghilangkan kantung mata. Caranya, usapkan gel lidah buaya pada bagian bawah mata yang menghitam, dan diamkan selama 15 menit. Bilas dan bersihkan dengan air.

7. Tomat

Buah tomat adalah bahan yang bagus karena tidak hanya dapat menghilangkan kantung mata tapi juga membuat kulit di area mata terasa kenyal dan halus. Campuran yang bisa kamu coba adalah satu sendok teh jus tomat dengan satu sendok teh jus lemon yang kamu usapkan di bawah mata. Biarkan mengering sampai sekitar 10 menit lalu cuci dengan air bersih. Coba cara ini setidaknya dua kali dalam sehari. Untuk tambahan, meminum jus campuran tomat, lemon, daun mint juga bisa membantu menghilangkan kantung mata dari dalam tubuh.

8. Putih Telur

Putih telur mengandung vitamin yang dapat membantu mengencangkan kulit. Berkat kandungan tersebut, putih telur dianggap efektif untuk menghilangkan kantung mata. Berikut adalah cara menghilangkan kantung mata hitam dengan menggunakan putih telur. Oleskan putih telur pada bagian mata yang menghitam. Biarkan selama 20 menit atau hingga kering, kemudian bilas dengan air hangat.